Jenis-Jenis Kertas Karton

Anda pasti tidak asing dengan kertas yang satu ini. Ya, kertas karton ditemukan pada tahun 1817 di Inggris. Awalnya kertas ini adalah kertas yang dijadikan alternatif kemasan pelindung agar dapat menghemat ruang maupun pengeluaran.

Kertas karton memang punya banyak kegunaan. Anda tentu pernah membuat suatu karya menggunakan kertas ini bukan? Atau mungkin Anda pernah melihat kertas karton dijadikan sebagai kemasan makanan?

Dari teksturnya pun sebenarnya sudah terlihat bahwa kertas karton ada bermacam-macam dengan berbagai macam kegunaan.

Yuk simak Macam-macam Kertas Karton berikut ini:

  1. Duplex

C:UsersLENOVODownloadspexels-photo-40091.jpeg

Apakah Anda pernah melihat atau memesan nasi box? Nah, kertas karton yang digunakan untuk membungkus nasi tersebutlah yang disebut dengan kertas duplex.

Anda bisa langsung mengenali kertas duplex dari warnanya. Satu sisi kertas duplex berwarna putih, sedangkan sisi lainnya berwarna abu-abu.

Gramasi yang umum dipakai yakni 250 gram, 310 gram, 350 gram, dan 400 gram. Harganya relatif murah dibandingkan harga jenis kertas karton lainnya.

  1. Kotak Karton Gelombang

C:UsersLENOVODownloadspexels-photo-132204.jpeg

Kotak karton gelombang atau biasa disebut juga dengan corrugated ini sesuai dengan namanya punya lapisan dasar bergelombang. Terbuat dari satu atau beberapa lembar kertas kraft liner dan kertas medium.

Tujuan gelombang yang ada di lapisannya adalah agar memberikan kekuatan karton agar tidak mudah rusak. Kertas karton gelombang biasanya digunakan untuk kemasan transport atau distribusi.

 
  1. Yellow Board

C:UsersLENOVODownloadspexels-photo-238467.jpeg

Kertas karton bernama Yellow Board ini cukup tebal. Biasanya banyak digunakan untuk pembuatan undangan hard cover, box souvenir, atau lainnya.

Hal itu karena Yellow Board akan memberikan kesan yang kokoh dan kuat sehingga daat menampilkan kesan elegan. Namun sayangnya Yellow Board tak bisa dicetak offset, hanya dapat dilapisi dengan art paper, duplex ataupun bahan lainnya.

Ketebalan Yellow Board pun berbeda-beda. Biasa disebut dengan YB 25, 30, atau 40.

Nah itulah beberapa Macam-macam Kertas Karton. Masing-masingnya punya karakteristik sendiri-sendiri sehingga dapat digunakan sesuai dengan kebutuhan. Semoga ulasan singkat mengenai kertas karton kali ini bermanfaat bagi Anda sekalian.

Referensi
id.wikipedia.org | rumahbox.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *