5
Jan

Kelebihan dan Kekurangan Kemasan berbahan Kertas dan Plastik

Hasil gambar untuk kemasan dari bahan kertas

Budaya kemasan sudah ada sejak lama di Indonesia. Awalnya, orang-orang mengenal kemasan sebagai sistem penyimpanan, yakni dengan memasukkan bahan makanan ke dalam suatu wadah. Kemudian terus berkembang berbagai inovasi kemasan hingga saat ini.

Pada dasarnya, fungsi kemasan adalah melindungi produk maupun barang agar tidak tercemar oleh bahan lain. Kerusakan suatu produk juga bisa dicegah melalui penggunaan kemasan.

Dari segi promosi, bentuk, warna, serta dekorasi kemasan bisa pula menarik perhatian calon konsumen untuk membeli produk tersebut.

Kemasan dapat berasal dari berbagai macam bahan. Namun, bahan yang kerapkali dipakai untuk kemasan adalah kertas dan plastik. Kedua bahan itu tentunya punya kelebihan dan kekurangannya masing-masing.

Nah, lebih baik kita simak saja kelebihan dan kekurangan kemasan kertas serta plastik berikut ini:

Kemasan Kertas

C:\Users\LENOVO\Downloads\packaged-1323124_1280.jpg

Kemasan kertas biasanya digunakan untuk membungkus makanan. Sebagai kemasan, kertas punya banyak kelebihan. Selain bahannya ringan, kemasan kertas juga relatif lebih murah dibandingkan kemasan dari bahan lainnya. Mudah pula dalam hal penyimpanan serta daur ulangnya.

Hanya saja kekurangan dari kemasan kertas adalah mudah robek, mudah terbakar, tidak dapat dipanaskan terlalu lama. Kemasan kertas pun tak bisa digunakan untuk membungkus cairan.

Anda harus pintar memilih bahan kertas mana yang cocok untuk kemasan makanan atau bukan. Jangan sampai Anda menggunakan kertas majalah, kertas bekas buku, ataupun kertas koran untuk membungkus makanan.

Kemasan Bahan Plastik

C:\Users\LENOVO\Downloads\tomato-934921_1280.jpg

Seperti yang Anda ketahui, tekstur kemasan bahan plastik ini sangat kuat dibandingkan kemasan kertas. Selain itu, kemasan plastik tidak mudah bocor, ringan, dan dapat digunakan untuk membungkus cairan.

Namun, kemasan plastik juga punya beberapa kekurangan. Jika Anda tak berhati-hati memilih bahan plastiknya, bisa jadi plastik tersebut mengandung bahan kimia yang membahayakan kesehatan.

Plastik pun tak tahan panas dengan suhu tinggi. Pemalsuan merk pada produk-produk yang memakai kemasan plastik kerapkali terjadi.

Sekian artikel mengenai kelebihan dan kekurangan kemasan kertas serta plastik. Semoga bermanfaat.

Sumber Referensi

id.wikipedia.org

iamsmg.blogspot.co.id

Tag:

There are no comments yet

Why not be the first

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *