Kertas Stiker Tahan Air

Hasil gambar untuk Kertas Vinyl
Stiker adalah kertas yang punya perekat dengan berbagai macam bentuk ataupun gambar. Kegunaannya cukup beragam, seperti dijadikan tempelan aksesoris kendaraan atau barang lainnya, penanda, barcode, dan lain sebagainya.

Ada banyak bahan pembuat stiker. Tiap kertasnya punya karakteristik dan keperluannya masing-masing. Nah, apabila Anda menginginkan stiker yang tidak mudah hilang warna atau gambarnya baik saat digunakan di indoor atau ourdoor, pilihlah kertas stiker yang tahan air.

Lalu apa sajakah jenis kertas stiker tahan air? Simak ulasannya berikut ini:

Kertas Vynil 

Salah satu jenis kertas stiker tahan air adalah kertas vynil. Kertas vynil punya tekstur plastik yang lentur dan permukaan glossy. Daya tahannya terhadap air dan cuaca sangat baik. Cocok sekali digunakan untuk keperluan stiker outdoor.

Sayangnya jika ingin mencetak stiker dengan kertas vynil, Anda harus menggunakan Laserjet Print. Hal itu karena kertas vynil tidak dapat dicetak dengan printer Inkjet biasa.

Kertas Yupo

Jenis kertas stiker tahan air lainnya adalah kertas yupo. Kertas yupo ini merupakan kertas sintetik. Sangat tahan air, minya maupun bahan kimia. Cocok untuk Anda yang ingin membuat stiker label, barcode ataupun membuat brosur. Baik digunakan untuk daerah kering ataupun basah seperti pegunungan/pantai.

Kertas Gold Foil

Kertas gold foil atau biasa disebut juga dengan gold leaf/kertas emas ini juga kertas yang tahan air. Kertas ini berbentuk pigmen tipis. Cara menggunakannya cukup direkatkan dengan lem khusus.

Biasanya kertas gold foil digunakan untuk berbagai macam perabotan agar berwarna emas,seperti ukiran kayu, kaligrafi, tembok, kubah masjid, gypsum, plafond, lesplang, tangga rumh, daun pintu/jendela dan lain-lain.

Kertas Crome

Anda mungkin tak asing dengan kertas crome ini? Ya, jenis kertas ini biasanya memang digunakan untuk stiker kendaraan bermotor agar body motor tak terkena goresan. Kertas ini punya lapisan glitter atau berkilau.

Nah itulah beberapa jenis kertas stiker tahan air. Pilihlah kertas sesuai dengan keperluan Anda. Semoga dapat menambah pengetahuan Anda mengenai jenis kertas stiker.

Referensi:

mahamerubali.com | beritaprinting.com | web.facebook.com | goldleafindonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *