Cara Membuat Nota Toko Kemasaja

Pengertian Nota Toko Kemasaja
Nota toko kemasaja adalah bukti transaksi yang diberikan oleh pihak penjual penjual barang keperluan kepada pembelinya. Kertas nota ini juga bisa jadi bukti pembayaran yang sah setelah membayar seluruh barang yang dibeli.

Penggunaan nota penjualan ini sudah diakui oleh seluruh pihak sebagai bukti yang bisa dipertanggungjawabkan. Untuk membuatnya lebih meyakinkan, pemilik usaha harus menambahkan logi dari usahanya sekaligus cap basah di kertas setelah transaksi selesai.

Nota penjualan biasanya dibuat dua rangkap dengan warna kertas yang berbeda. Nota dengan warna putih biasanya diberikan kepada pembeli. Adapun nota warna merah muda atau kuning akan disimpan oleh pemilik toko sebagai arsip untuk pencatatan laporan keuangan nantinya.

Berikut cara membuat nota toko kemasaja:

Bagian yang harus dimasukkan ke dalam nota toko

  1. Nama Toko

Ada dua alasan kamu perlu memasukkan nama toko. Pertama, guna memberikan informasi bahwa nota tersebut dibuat oleh toko kamu. Kedua, sebagai strategi marketing untuk pembeli sehingga dia tahu toko printing milikmu. Terlebih lagi jika kamu memasukkan nomor kontak yang bisa dimanfaatkan untuk pesanan via telepon atau WhatsApp.

2. Tanggal Transaksi

Informasi tentang tanggal transaksi sangat penting untuk toko seperti toko printing , dan studio foto . Waktu transaksi ini digunakan untuk pembukuan keuangan dan stok barang. Kamu bisa tahu kapan ada uang masuk dan barang keluar dari toko printing milikmu.

3. Deskripsi Barang

Bagian ini juga penting kamu masukkan ke dalam nota. Ada baiknya, kolom deskripsi barang dibuat lebih banyak untuk mengakomodasi pembelian besar.

4. Jumlah Barang

Memasukkan komponen jumlah barang akan memudahkan kamu dalam menyiapkan pembelian. Komponen ini juga membantu kamu dalam perhitungan jumlah harga nantinya. 

5. Harga Barang Satuan

Toko printing biasanya melayani pembelian secara satuan maupun borongan. Sistem pembelian ini tentunya memberikan harga barang satuan yang berbeda. Karena itu, kamu perlu memasukkan kolom ini di nota penjualan.

6. Total Harga

Ada sejumlah hal yang bisa dimasukkan ke dalam total harga. Tentu saja penjumlahan dari seluruh pembelian yang dilakukan.

7. Tanda tangan Kasir

Tanda tangan menjadi penting untuk memverifikasi penerimaan uang. Bisa saja kamu mempekerjakan kasir untuk mengurus nota penjualan. Nah, tanda tangannya menjadi bukti bahwa ada penjualan yang terjadi dan uang yang masuk ke dalam kas.

8. Stempel

Apabila diperlukan, kamu bisa membubuhkan stempel bertuliskan “LUNAS” pada nota. Cap ini juga jadi bukti bahwa pembayaran sudah dilakukan dan barang pun sudah diterima oleh pembeli.

Cara membuat nota penjualan toko kemasaja

Kamu bisa mendesain sendiri nota untuk keperluan toko . Berikut contoh langkah-langkah membuat nota toko kemasaja:

1. Buat judul dokumen “NOTA” pada bagian tengah atas

2. Memasukkan informasi toko di bagian atas, mulai dari logo, nama, alamat, dan nomor kontak.

3. Masukkan tanggal dan nomor nota pada sudut kanan atau kiri.

4. Buat tabel berisi 4 kolom di dalamnya

– Kolom 1: jumlah barang

– Kolom 2: jenis barang

– Kolom 3: harga satuan

– Kolom 4: harga total

5. Berikan total harga pada bagian bawah dari harga-harga yang sudah dijumlahkan.

6. Berikan tanda tangan dan nama pada bagian ujung kiri atau kanan bawah

7. Berikan stempel setelah pembayaran dilakukan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *